Detail Berita

INFRA STRUKTUR

Di Desa Sidoasri pembangunan  infrastruktur desa belum mendukung sepenuhnya, sehingga hal ini mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan Desa Sidoasri masih belum optimal. Beberapa infrastruktur sarana dan prasarana di bidang pendidikan banyak yang belum dilakukan perbaikan yang layak. Fasilitas gedung untuk Taman Kanak-Kanak (TK) masih belum ada, sehingga selama ini TK Darma Wanita yang ada masih gabung satu gedung dengan Sekolah Dasar. Begitupun juga dengan Sekolah Dasar yang ada, masih belum memadai. Hal ini terlihat dengan banyaknya masyarakat Desa yang ingin menyekolahkan anak-anaknya tertapi fasilitas sekolah yang telah ada masih belum maksimal. Juga pembangunan gedung dan berbagai fasilitas peralatan yang belum lengkap. Hal ini berakibat pada terbatasnya ilmu-ilmu yang telah diserap oleh masing-masing siswa. Jumlah Sekolah menengah Pertama (SMP)  hanya terdapat satu SMP saja. Pembangunan untuk tingkat pendidikan lanjut perlu direncanakan, agar beberapa masyarakat yang ingin sekolah tidak terbatas pada jumlah pagu penerimaan murid di sekolah tersebut. Belum tersedianya sarana pendidikan untuk tingkat SMA dan SMK di Desa Sidoasri ini menjadi salah satu kendala keterbatasan pada jenjang tempuh pendidikan. Mengingat jauhnya jarak yang terbentang jika akan melanjut ke jenjang yang lebih tinggi

Sarana dan prasarana infrastruktur untuk penunjang kegiatan ekonomi di Desa Sidoasri ini juga masih belum terlalu lengkap dan memadai, seperti belum tersedianya TPI (Tempat Pelelangan Ikan), kurang layaknya akses jalan bagi nelayan yang akan pergi melaut ke Pantai Klatakan dikarenakan hanya tersedia satu akses jalan saja, dan juga belum adanya lahan untuk industri perikanan yang memadai.

Akses jalan yang rusak parah dan belum ada perbaikan yang memadai merupakan hambatan utama juga dalam infrastruktur desa. Akses jalan yang digunakan untuk trasnportasi dan kegiatan aktivitas sehari-hari masyarakat masih memerlukan perbaikan maupun pengaspalan ulang. Jalan utama sebagai akses utama ke pemerintahan Desa mapun ke Kecamatan beberapa mengalami kerusakan yang parah dan belum ada perbaikan jalan.

Untuk dibidang lain seperti prasarana kesehatan juga belum terlalu lengkap di desa ini karena hanya ada sebuah puskesmas pembantu dari dinas kesehatan, belum adanya dokter umum maupun spesialis yang membuka praktek dokter di Desa Sidoasri, serta kurangnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat.

Belum adanya pos untuk pemantauan siaga bencana di Desa Sidoasri yang biasanya sering terjadi banjir rob akibat pasang arus air laut. Maupun bencana di laut yang menimpa nelayan pada bulan Januari 2014.

Berbagai sarana dan prasarana dasar serta pendukung yang telah dibangun di Desa Sidoasri. Pembangunan sarana dan prasarana tersebut difungsikan sesuai dengan kegunaan dari masing-masing bangunan yang tentunya tetap mengarah untuk  aktifitas kegiatan ekonomi masyarakat. Adapun berbagai sarana dan infrastruktur dasar dan pendukung sebagai penunjang aktivitas kegiatan ekonomi masyarakat disekitar Desa Sidoasri, antara lain berupa pondok nelayan, Poslinmas Desa, dan poskamling Desa.

Pondok nelayan yang sudah dibangun oleh nelayan, meskipun belum sepenuhnya layak pembangunannya tetapi tempat ini sudah bisa menjadi tempat istirahat para nelayan setelah melaut. Para nelayan mampir sebentar ke Pondok nelayan untuk membuang sedikit rasa sauh setelah melaut. Sedangkan Poslinmas yang sudah terbangun belum dimanfaatkan secara maksimal tetapi dapat menjadi tempat untuk warga jika sedang berjaga-jaga keamanan Desa. Untuk poskamling Desa, sudah terbangun di setiap beberapa RT tetapi fungsinya masih belum maksimal. 

Berita Terkait